Senin, 30 April 2012

LAPORAN WALIKELAS NUR WIDJAJANTI


I.         LATAR  BELAKANG

            Keberhasilan dunia pendidikan tidak dapat dilepaskan dari peran komponen yang terlibat didalamnya yaitu guru (sekolah), orang tua dan masyarakat. Peran orang tua adalah peran yang paling vital, karena orang tua adalah yang paling banyak waktunya untuk berhubungan dengan anak.
            Guru sebagai tenaga pendidikan secara substantif memegang peranan tidak hanya melakukan pengajaran atau transfer ilmu pengetahuan (kognitif), tetapi juga dituntut untuk memberikan bimbingan dan pelatihan .
            Di dalam UU no 20 Tahun 2003 disebutkan bahwa, tenaga pendidikan selain bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pelayanan dalam satuan pendidikan, juga sebagai tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses serta menilai hasil pembelajaran, bimbingan dan pelatihan.
            Berdasarkan pemahan peran guru dan orang tua dibutuhkan sinergi antara keduanya untuk mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki anak. Dan sebagai jembatan antara orang tua, guru,  kepala sekolah dan siswa adalah wali kelas.


II.    DEFINISI
            Wali kelas adalah pengganti orang tua di sekolah yang mempunyai wewenang mendampingi siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan monitoring kelas. Serta bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah atas terlaksananya pendampingan dan monitoring kelas.


III.  TUJUAN
1.       Agar siswa mampu mempersiapkan diri secara efektif dalam             menghadapi tugas-tugas dari guru
2.       Agar siswa mampu berkembang secara optimal sebagai individu yang potensial



IV.   SASARAN
1.      Wali kelas sebagai pemegang peranan penting dalam pendamping siswa pada pelaksanaan proses belajar mengajar.
2.        Siswa sebagai individu mampu menyelesaikan masalah dalam 
           kegiatan belajar mengajar.


V.     MANFAAT
            Secara Instusional dapat memetakan kemampuan walikelas dan siswa sehingga pada akhirnya nanti dapat melakukan perbaikan sistem pada proses KBM sehingga menghasilkan penguasaan kompetensi siswa yang di harapkan
       Memahami perbedaan individu pada siswa sehingga mampu memberikan pelayanan sesuai kebutuhan masing-masing  siswa.
Dan membantu para siswa untuk meningkatkan hasil belajar agar tidak mengalami ke gagalan.
  

VI.   KESIMPULAN
1.      Wali Kelas bertugas mewakili kepala sekolah dan orang tua dalam pembinaan siswa.
2.         Membina kepribadian, ketertiban dan kekeluargaan
3.        Membantu pengembangan peningkatan kecerdasan & ketrampilan   siswa.
4.         Memonitoring ketidakhadiran, pelanggaran dan perilaku siswa
5.         Mengetahui latar belakang siswa.





1 komentar:

  1. asalamualaikum bu, absen bu..... faris udah buka blog ibu.... :)

    BalasHapus